Monday, April 29, 2013

Pengumuman Hasil SNMPTN 2013




Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud/Kemendikbud) menetapkan kebijakan Snmptn yang bersifat nasional tahun 2013 hanya dengan sistem jalur undangan. Seleksi yang sudah dilaksanakan tersebut dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Tahapan Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2013 dibagi menjadi lima tahap hampir selesai dilaksanakan. Pertama, pengisian PDSS oleh kepala sekolah dilakukan pada 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013, dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester. Kedua, pendaftaran oleh siswa, telah berlangsung pada 1 Februari – 8 Maret 2013. Ketiga, proses seleksi dilaksanakan pada 9 Maret – 27 Mei 2013. Keempat, Pengumuman Hasil Kelulusan Snmptn 2013 yang dijadwalkan pada 28 Mei 2013. Terakhir, pendaftaran ulang bagi peserta yang lulus seleksi, pada 11 – 12 Juni 2013.

Hasil SNMPTN 2013

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, seleksi dengan mempertimbangkan nilai rapor dan UN ini merupakan pengakuan jenjang pendidikan tinggi kepada jenjang pendidikan menengah atas. Menteri menyadari, sistem ini menuntut kesiapan sekolah, siswa, dan masyarakat secara umum. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh juga berpesan, untuk bisa lulus UN, siswa perlu belajar keras dan membuat skala prioritas yang jelas. Pasalnya, UN saat ini tidak hanya sekadar masalah kelulusan, tapi juga telah menjadi syarat utama bagi seorang siswa untuk dapat tembus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 menjamin seleksi akan dilakukan secara obyektif menyusul kurang lancarnya pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA sederajat pada tahun ini. Ketua Umum Panitia SNMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan bahwa para siswa yang mendaftarkan diri dalam SNMPTN tidak perlu khawatir dengan hasil UN. Menurutnya, tidak masuk akal apabila seorang anak tidak lulus UN tapi bisa diterima di sebuah PTN karena syarat melanjutkan pendidikan tinggi adalah lulus jenjang pendidikan sebelumnya.

Ketua Panitia Snmptn 2013 menegaskan : Kalau UN tidak lulus ya tidak bisa diterima di PTN. Logika saja, tidak lulus UN tapi masuk ITB atau UGM. Kan kalau mau masuk universitas harus sudah punya ijazah menengah atas.

Jadwal Pengumuman Hasil Kelulusan Snmptn 2013

No.Jenis KegiatanTanggal
1Pengisian PDSS17 Desember 2012 – 8 Februari 2013
2Pendaftaran1 Februari – 8 Maret 2013
3Proses Seleksi9 Maret – 27 Mei 2013
4Pengumuman Hasil28 Mei 2013
5Pendaftaran Ulang11-12 Juni 2013

Info Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana:
  • Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  • Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  • Alamat Panitia SNMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689.
Kita patut bersyukur bahwa kerja keras siswa dalam ujian nasional (UN) 2013 tetap dihargai. Panitia SNMPTN.Percaya tetap pada hasil UN. Sekretaris Panitia Umum SNMPTN 2013, Rochmat Wahab, mengatakan bahwa pihaknya tidak mau ikut pusaran kisruh UN yang masih terus dibicarakan publik. Ia tetap akan fokus pada proses SNMPTN 2013 yang tetap memakai hasil UN sebagai salah satu syaratnya.

Terkait proses kelulusan Snmptn 2013, Sekretaris Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, Rochmat Wahab, mengatakan bahwa proses seleksi untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan pertama telah selesai dan sudah ada daftar kandidat nama siswa yang berhak atas pilihan pertamanya. Menurutnya setelah ini, akan dibagikan ke rektor universitas yang menjadi pilihan kedua. Karena masih ada waktu untuk itu.

Kandidat yang terpilih saat ini masih didasarkan pada seleksi nilai raport pada semester satu hingga semester lima. Sementara untuk semester akhir akan ditentukan melalui hasil UN. Dengan demikian, kandidat yang terpilih saat ini bisa saja tergeser posisinya apabila yang bersangkutan tidak lulus UN.

Ketua Umum Panitia SNMPTN 2013, Akhmaloka, membenarkan hal tersebut. Masing-masing universitas telah menentukan kandidat mahasiswa baru dari anak-anak yang memilih universitas tersebut sebagai pilihan pertama. Namun status saat ini hanya sebatas kandidat, sehingga dapat berubah seketika melihat hasil UN. Ia berkeyakinan bahwa kalau nilai siswa semester satu sampai lima bagus, tidak mungkin rasanya tidak lulus UN.

Pihaknya berpesan agar siswa sebaiknya tenang karena pihaknya lakukan berbagai cara agar tidak ada yang dirugikan.

PTN tampaknya bekerja keras saat ini. Tidak hanya sekadar menyelesaikan pemeriksaan lembar jawab Ujian Nasional (UN), pihak PTN juga tengah sibuk menyeleksi anak-anak yang mendaftarkan diri untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur SNMPTN. Demikian info Pengumuman Hasil SNMPTN 2013 untuk kami sampaikan dengan harapan semoga kelulusan siswa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!


1 comments: