Tuesday, October 8, 2013

Tips Memilih Hewan Qurban Yang Sehat




Tips Memilih Hewan Qurban Yang Sehat. Umat muslim  akan merayakan Hari Raya Idul adha 1434 yang Insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 15 oktober 2013, tentunya kita warga negara indonesia yang mayoritas beragama islam tentunya sangat senang menanti Hari Raya Idhul Adha 1434.Umat Muslim yang mampu diseluruh dunia akan menyembelih hewan qurban dihari tersebut atau hari hari berikutnya sepanjang tiga hari kedepan yang dinamakan hari Tasrik Untuk menunjukan bahwa kita sungguh sungguh berkurban selain niat karena Allah Swt, tentunya kita juga harus memilih hewan qurban yang sehat. Berikut tips untuk memilih hewan qurban yang sehat.


tips hewan qurban

Tips Memilih Hewan Qurban Yang Sehat

  1. Pilihlah hewan qurban yang sudah cukup umur, untuk umur kambing atau domba biasanya umurnya sekitar 12 sampai 18 bulan, sedangkan sapi atau kerbau berkisar umur 22 bulan
  2. Gerakan hewan qurban masih lincah, nafsu makan bagus, kuat dan tidak pincang
  3. Lihatlah mulut hewan qurban apabila mulut qurban terdapat bintik bintik dan mulutnya masih basah sehingga  mengeluarkan air liur perlu diwaspadai, pilihlah hewan qurban yang masih kokoh berdiri yang bertumpu pada keempat kakinya.
  4. Amati kulit hewan qurban, apabila hewan qurban itu terlihat korengan atau terdapat borok itu mendandakan hewan tersebut sakit.
  5. Rambut atau bulunya masih halus, tidak rontok, tidak dihinggapi parasit seperti tungau,dan kutu
  6. Bentuk tubuhnya harus standar. Pengertian standar untuk sapi dan kerbau, tulang punggungnya relative rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh ideal yang dimaksud, misalnya kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang.
  7. Hati hati apabila memilih hewan qurban dimusim hujan,karena dimusim hujan hewan qurban rentan akan penyakit seperti diare dan cacingan
  8. Kulitnya lentur/elastis, tidak ada penebalan, tidak ada bisul, tidak ada luka.
  9. Celah kuku bersih, tidak ada luka, tidak ada peradangan, tidak ada pembengkakan.
  10. Hidung terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan. Selaput lendir hidung berwarna merah terang.
Itulah ulasan mengenai cara cara memilih hewan qurban yang baik dan sehat, semoga niat baik anda untuk berkurban menjadi barokah, anda juga bisa membaca mengenai tips menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Sekian dan Terima kasih sudah berkunjung keblog kami,semoga bermanfaat bagi anda.


0 comments:

Post a Comment